Rabu, 01 Mei 2013

Animasi 2 Dimensi



Animasi 2 dimensi artinya membuat objek grafik 2-D menjadi bergerak. Animasi yang dilakukan adalah memindahkan posisi gambar. Pada system koordinat kartesian animasi akan bergerak liner(translasi), pada system koordina polar akan berefek gerakan berputar(rotasi). Pemindahan ini bias dengan translasi, maupun dengan rotasi.
Rotasi pada glut :
glRotatef (sudut, x, y, z), glRotated (sudut, x, y, z)
parameter sudut digunakan untuk besar sudut putaran. Sudut rotasi adalah besaran yang menentukan seberapa jauh sebuah titik akan diputar. Parameter x digunakan untuk untuk putaran berdasarkan sumbu x, parameter y untuk putaran berdasarkan sumbu y, parameter z untuk putaran berdasarkan sumbu z.
Gambar 1. Ilustrasi Rotasi

Translasi pada glut :
glTranslatef (x, y, z), glTranslated (x, y, z)
Translasi merupakan memindahkan posisi suatu objek, baik pada sumbu x, sumbu y, maupun sumbu z. parameter x digunakan untuk menentukan arah dan seberapa jauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu x. y digunakan untuk menentukan arah dan seberapajauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu y. Sedangkan parameter z digunakan untuk menentukan arah dan seberapajauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu z.
Gambar 2. Ilustrasi Translasi

Pembuatan Animasi dengan Menggunakan Timerfunction pada glut
Void Timer (int value){
      glutPostRedisplay();
      glutTimerFunc(insigned milis, GLUT function (callback), int value);
}
Fungsi dari glutRedisplay adalah mengirimkan perintah untuk mengaktifkan display secara barkala (looping).
Fungsi glutTimerFunc digunakan untuk mengatur waktu objek untuk pindah posisi dari titik awal ke titik tujuan.

Pada fungsi main ditambahkan :
Void main (int argc, char ** argv){
/*……………………………………………..*/
glutTimerFunc(unsigned millis, GLUT function (callback), int value);
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar