OpenGL adalah suatu
graphic library yang sebagian bersifat open source, dipakai pada banyak
platform (windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti
C++ atau Delphi. OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application
Programming Interface (API). Sintaks perintah OpenGL mengikuti aturan penulisan dari library dimana
fungsi tersebut berasal, format penulisan fungsi OpenGL adalah :
<awalan library><perintah><optional jumlah
argumen><optional tipe argumen>
Semua perintah OpenGL menggunakan awalan gl diikuti dengan huruf kapital
pada setiap kata membentuk nama perintah (sebagai contoh glClearColor). Untuk
mendefinisikan konstanta diawali dengan GL_, dengan menggunakan huruf kapital
dan garis bawah untuk memisahkan kata (seperti GL_POLY_STIPPLE). Terkadang
beberapa huruf dan angka ditambahkan pada akhir perintah (seperti 3f pada
glVertex3f). Dalam hal ini angka 3 menunjukkan berapa banyak argumen yang harus
ada pada perintah tersebut dan akhiran huruf f menunjukkan jenis datanya yaitu
floating.
OpenGL menyediakan set perintah untuk menggambar dan semua penggambaran
yang lebih tinggi tingkatnya harus dilakukan dengan mengambil fungsi dasar dari
perintah ini. Maka dari itu dapat dibuat library itu sendiri di atas program
OpenGL yang mempermudah pemrograman lebih lanjut.
Fungsi asli dari OpenGL sendiri selalu diawali dengan GL yang terdapat pada
library opengl32.dll dan file header gl.h. Sedangkan beberapa library yang
telah ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah :
1. OpenGL Utility Library (GLU)
yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level bawah dari
perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini digunakan
sebagai bagian dari implementasi OpenGL.
2. OpenGL Extension untuk
X-Windows yang menyediakan fungsi untuk menciptakan OpenGL context dan
mengasosiasikannya dengan mesin
yang menggunakan X-Windows. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glx.
3. Auxiliary atau aux library
terdapat pada library glaux.lib dan file header glaux.h. Perintah yang akan
digunakan selalu menggunakan awalan aux
4. OpenGL Utility Toolkit
(GLUT) adalah toolkit untuk sistem windows yang ditulis oleh Mark Kilgard untuk
menyembunyikan perintah API sistem windows yang kompleks.
A. Pengenalan GLUT
Sistem Koordinat didalam laptop ada 3 yaitu :
- Open GL
- Sistem Operasi
Mengikuti resolusi (variabel)
- Fisik (bersifat statis)
1. GLUT (OpenGL Utility Toolkit)
Dikembangkan oleh Mark Kilgard. GLUT merupakan pengembangan dari OpenGL
dimana memiliki keunggulan sebagai berikut:
- Mudah, portable window manager, menggunakan callback functions untuk
menambahkan interaksi dari user.
- Didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga menengah.
- Distribusi library bebas tetapi tidak open source.
2. Pemrograman Berbasis Event
GLUT pada dasarnya dibangun untuk menciptakan aplikasi grafis menggunakan
pemrograman yang bersifat prosedural. Di dalamnya terdapat fungsi main loop
yang diatur oleh GLUT dan looping yang terjadi dalam aplikasi bertujuan untuk
penanganan fungsi-fungsi callback sebagai input dari user seperti fungsi
redraw, mouse, keyboard, joystick, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar