Animasi 2 dimensi artinya membuat
objek grafik 2-D menjadi bergerak. Animasi yang dilakukan adalah memindahkan
posisi gambar. Pada system koordinat kartesian animasi akan bergerak
liner(translasi), pada system koordina polar akan berefek gerakan berputar(rotasi).
Pemindahan ini bias dengan translasi, maupun dengan rotasi.
glRotatef (sudut, x, y, z), glRotated
(sudut, x, y, z)
parameter sudut digunakan untuk besar
sudut putaran. Sudut rotasi adalah besaran yang menentukan seberapa jauh sebuah
titik akan diputar. Parameter x digunakan untuk untuk putaran berdasarkan sumbu
x, parameter y untuk putaran berdasarkan sumbu y, parameter z untuk putaran
berdasarkan sumbu z.
Gambar 1. Ilustrasi Rotasi
Translasi pada glut :
glTranslatef (x, y, z), glTranslated
(x, y, z)
Translasi merupakan memindahkan
posisi suatu objek, baik pada sumbu x, sumbu y, maupun sumbu z. parameter x
digunakan untuk menentukan arah dan seberapa jauh suatu benda akan dipindahkan
berdasarkan sumbu x. y digunakan untuk menentukan arah dan seberapajauh suatu
benda akan dipindahkan berdasarkan sumbu y. Sedangkan parameter z digunakan
untuk menentukan arah dan seberapajauh suatu benda akan dipindahkan berdasarkan
sumbu z.
Gambar 2. Ilustrasi Translasi
Pembuatan Animasi dengan
Menggunakan Timerfunction pada glut
Void Timer (int value){
glutPostRedisplay();
glutTimerFunc(insigned
milis, GLUT function (callback), int value);
}
Fungsi dari glutRedisplay adalah
mengirimkan perintah untuk mengaktifkan display secara barkala (looping).
Fungsi glutTimerFunc digunakan untuk
mengatur waktu objek untuk pindah posisi dari titik awal ke titik tujuan.
Pada fungsi main ditambahkan :
Void main (int argc, char ** argv){
/*……………………………………………..*/
glutTimerFunc(unsigned millis, GLUT
function (callback), int value);
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar